Menu Close

Etos Kerja

Mampu Memotivasi baik diri sendiri maupun orang disekitarnya merupakan satu ciri yang dimiliki seorang profesional. Terkadang ada saatnya situasi sulit yang terjadi membuat seorang kehilangan harapan dan menjadi putus asa. Seorang profesional dapat memotivasi orang lain dan diri sendiri dengan menjadikan situasi yang sulit sebagi tantangan yang akan membangun kualitas diri untuk kedepannya dengan memecahkan masalah menggunakan pikiran yang tanang. Di samping itu, juga memiliki kecerdasan khusus untuk menganalisis permasalahan dan peka terhadap situasi. Selanjutnya, mereka juga orang yang mampu membaca situasi dengan cepat dan tepat serta cermat terhadap pengambilan keputusan yang terbaik untuk semua pihak.

Berikut ini beberapa sikap profesional yang dapat diterapkan karyawan dalam perusahaan. Rasa tanggung jawab itu membuat seorang profesional berani mengambil inisiatif untuk melakukan apa saja yang diperlukan demi mencapai standar kualitas, dalam hal ini performa atau kinerja yang tinggi. Ia mengerjakan hal-hal yang bahkan di luar job description, sepanjang itu perlu dilakukan. Akan tetapi inisiatif Bola Online itu hendaknya tidak berakibat mencemarkan nama baiknya, nama baik profesinya, atau merugikan kepentingan masyarakat luas. Artinya seorang profesional harus punya rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan segala hal dalam perjalanan karier dan pekerjaanya. Ia juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa orang-orang yang dilayaninya dan profesinya tidak dirugikan atas sikap dan perbuatannya.

Hal ini, tentu tidak baik untuk karier hidup Anda yang tampak tidak terlihat sebagai orang profesional. Kesalahan dalam pemilihan kontraktor pembuatan perumahan militer dan polisi. COA melaporkan sebuah keanehan dalam proyek pembangunan 28 perumahan senilai 10,6 Miliar Peso yang ditujukan untuk angkatan bersenjata dan kepolisian Filipina.

Bagaimana untuk selalu mempunyai sikap profesional

Semakin banyaknya permintaan dari daerah untuk menggandeng Balai Diklat Keagamaan Surabaya dalam diklat kerja sama ternyata berdampak positif bagi Aparatur Sipil Negara Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Dampak positif tersebut berkaitan dengan kinerja dan sikap disiplin pegawai yang ditugaskan untuk menangani diklat kerja sama. Setelah memulai dari diri sendiri, hal yang penting berikutnya adalah lingkungan kerja Anda.

Setuju gak sih kalau keteraturan dalam bekerja akan membawamu lebih mudah dalam mencapai tujuan? Nah, ternayata keteraturan ini penting lho, karena dengan bersikap teratur dalam melakukan tugas harian merupakan salah satu kunci untuk menjadi profesional. Seorang profesional harus memiliki komitmen tinggi untuk tetap menjaga profesionalismenya. Artinya, seorang profesional tidak akan begitu mudah tergoda oleh bujuk rayu yang akan menghancurkan nilai-nilai profesi.

Sebagai pekerja, tentu Anda bertugas untuk memperjuangkan tujuan perusahaan agar tercapai. Akan tetapi, Anda juga harus memiliki tujuan pribadi dalam melakukan pekerjaan. Harus ada hal yang membuat Anda termotivasi untuk terus mencapainya. Entah itu upaya peningkatan kemampuan, mempelajari hal baru, atau mencapai suatu posisi yang Anda idamkan. Dengan begitu, Anda akan melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh.

Kondisi terakhir akibat pandemi Covid-19, dengan pembatasan sosial menyebabkan berbagai aktivitas seni tidak bisa dilaksanakan. Menghadapi kolega yang bersikap negatif memang tidak mudah dan menyenangkan. Hal ini bisa saja menyita perhatian, bahkan energi positifmu setiap harinya. Atasi kondisi ini dengan cara yang tepat dan profesional, sehingga kamu dan kolegamu bisa tetap bekerja dengan nyaman sepanjang waktu.

Auditor internal pemerintah menerapkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan, serta pengalaman yang diperlukan dalam pelaksanaan layanan pengawasan inner. Karena itu, masyarakat yang tersandung masalah hukum dan bersinggungan dengan profesi tersebut berada dalam posisi tidak ada pilihan lain kecuali untuk mempercayai pengemban profesi terkait. Mereka harus mempercayai bahwa pengemban profesi akan memberi pelayanan profesionalnya secara bermutu dan bermartabat serta tidak akan menyalahgunakan situasinya, melainkan secara bermartabat. Dan, secara bermartabat akan mengarahkan seluruh pengetahuan dan keahlian berkeilmuannya dalam menjalankan jasa profesionalnya.

Rendah hati bermakna kesadaran akan keterbatasan kemampuan diri, jauh dari kesempurnaan dan terhindar dari setiap bentuk keangkuhan. Rendah hati akan mendorong terbentuknya sikap realistis, mau membuka diri untuk terus belajar, menghargai pendapat orang lain, menumbuh kembangkan sikap tenggang rasa, serta mewujudkan kesederhanaan, penuh rasa syukur dan ikhlas di dalam mengemban tugas. Kejujuran bermakna dapat dan berani menyatakan bahwa yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. Kejujuran mendorong terbentuknya pribadi yang kuat dan membangkitkan kesadaran akan hakekat yang hak dan yang batil.