Menu Close

Ingin Sukses Jadi Pengusaha Di Usia Muda? Ini Tipsnya, Dari Nol Tanpa Modal, Keluar Dari Zona Nyaman

Tetapi dengan menjadi seorang pengusaha kamu jauh dibilang lebih sukses,karena kamu dapat membuka dan membangun lapangan kerja sendiri untuk orang lain. Menjadi wirausaha usaha itu pilihan, ketika Anda ingin jadi salah satu yang berhasil tentu perlu melakukan persiapan yang maksimal. Mahasiswa khususnya dipacu untuk menjadi entrepreneur muda dan tangguh untuk membawa Indonesia keluar dari keterpurukan akibat pandemi.

Cara menjadi pengusaha muda

Soal keperluan pasar ini kamu bisa rajin-rajin berselancar di Google untuk melihat tren produk masa kini atau sering-sering membangun jejaring dengan pebisnis lain. Lantas dia mencoba peruntungan lain dengan terjun ke bisnis kedai kopi dan mengalami kegagalan. Jangan salah lho, model ini didirikan oleh seorang pengusaha muda Indonesia yang sudah masuk Forbes Under 30 di tahun 2016. Menariknya, modal awal usaha Eatlah cukup dengan Rp 15 juta dan diawali dengan outlet di Pantai Indah Kapuk . Namun kini, Eatlah sudah berkembang pesat dan digemari banyak orang. Ide mendirikan Eatlah sebagai bisnis anak muda ternyata cukup simpel.

Ditandai dengan habisnya modal dan tidak lagi bisa melanjutkan bisnisnya. Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 pengusaha muda yang notabe merupakan anak muda atau kaum milenial harus memutar otak untuk lebih kreatif dalam berbisnis. Dirinya menilai, kreativitas di period four.0 ini dapat menerobos pasar baru yang lebih luas. Dia memulai membangun perusahaan lewat bisnis waralaba bimbingan belajar Bintang Solusi Mandiri di tahun 2011.

PPM SoM merupakan Sekolah Tinggi dengan sistem penjaminan mutu inner terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti – 2019). Jangan cepat patah semangat jika bisnis tidak berjalan lancar. Butuh kegigihan dan kemauan yang kuat saat menjalani bisnis sendiri. Coba menjalankan bisnis sampingan skala kecil agar dapat dijalankan sembari bekerja.

Untuk bisa menjadi seorang pengusaha, Anda harus berani untuk menerima berbagai hal yang sifarnya tidak pasti. Jadi keberanian sangat diperlukan untuk menggapai keinginan itu. Dimulailah bisnis dengan yang kecil karena jika dijalani dengan serius akan membuahkan hasil yang maksimal.untuk itu jangan terlalu menganalisa sebuah bisnis jika belum pernah kita jalankan. Generasi millennial dikenal sebagai generasi yang mudah untuk kehilangan fokus saat melakukan sesuatu. Misalnya saat mendapatkan notifikasi Facebook/Instagram, produktivitas generasi millennial akan mudah terganggu. Kakak beradik asal Memphis, Amerika Serikat ini memulai bisnisnya dengan berjualan kue di halaman rumahnya.

Adapun omzet penjualan Bawadi Coffee sendiri kini mencapai sebesar Rp 600 juta per bulan. Angka tersebut setara dengan 20 kali lipat dari modal awal membangun bisnis yang hanya sebesar Rp 30 juta. Bagi Bawadi, urusan produk nomor dua, namun branding lah yang menjadi kekutan utama untuk melakoni bisnis yang baru ditempuh. Sebab, dengan mengawali kegiatan komunikasi dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek akan mendapatkan respon dari masyarakat. Anda bisa tiru cara 15 pengusaha muda di Indonesia agar menjadi sukses dengan cepat berikut ini. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya, kamu bisa menjalankan usaha bisnis dengan membuat jasa antar jemput anak sekolah, atau misal kamu hobi menulis, maka kamu pun bisa kok menjadikan kamu untuk menulis buku dan diterbitkan. Setidaknya dari buku yang diterbitkan akan menghasilkan royalty. Usaha kerja keras yang baik untuk menambah wawasan Anda tentang bagaimana memulai bisnis.

“Jika kalian berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat,” ujar salah satu dosen UPN Jogja, Hani Subagio. Tak terkecuali para mahasiswa yang masih kuliah juga bisa memulai bisnis sendiri. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan dengan bisnisnya. Saran dari Kami sebaiknya Anda memulai usaha atau bisnis yang relevan dengan minat atau passion Anda. Sehingga tidak ada rasa berat atau malas dalam menjalankannya.

Bahkan kalau dihitung-hitung Wirda sudah bisa untuk membeli rumah dan mobil setiap bulannya. Meski sudah didirikan pada tahun 2010, tapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang kamu bayangkan. Lambat laun, berkat ketekunan sang pemilik yang lahir di tanggal 24 Agustus 1986 , BukaLapak.com mulai dikenal dan menerima banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri. Lakukan saja, tidak perlu takut dengan kegagalan karna, gagal adalah awal dari kesuksesan.

Belajar dari kesalahan pendahulu Anda dan bertukar pikiran tentang bagaimana memperbaiki model mereka. Temukan seseorang yang mau mengajar, dan pikirkan untuk memulai bisnis Anda di tempat lain ketika Anda pergi. Di usia yang muda, orang cenderung lebih percaya diri dalam melakukan segala hal. Dengan kondisi tubuh yang prima dan energi yang positif dapat mendukung produktivitas, sehingga bisa bekerja lebih cepat, prima, dan tahan banting. Melanie Perkins, Co-Founder dari Canva ditolak sebanyak one hundred kali sebelum ia berhasil menerima pendanaan awal untuk startup-nya. Setelah tiga tahun dan lebih dari one hundred kali pitching, Melanie akhirnya berhasil mengamankan dana investasi sebesar $3 juta.