Menu Close

Pentingnya Membaca Buku Bisnis Untuk Pengusaha Muda

Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis. STKIP PGRI Banjarmasin mendirikan sebuah Pusat Pengembangan Karier atau Carrier Development Centre . Unit ini merupakan salah satu program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi mahasiswa. Unit ini didirikan untuk mendorong mahasiswa berwirausaha demi menghadapi permasalahan di masa depan yang semakin ketat. Pengembangan Pusat Karier diketuai oleh dosen PBSI STKIP PGRI Banjarmasin, yakni Bapak Dana Aswadi.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Khususnya dalam upaya membangun motivasi belajar dalam dunia akademis, maupun pembelajaran secara umum. Menurut pengusaha Jess Ekstrom, mungkin tampak lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, mendapatkan pengalaman, menghemat sedikit uang, dan kemudian memulai bisnis. Tetapi untuk keluar dari stabilitas seperti itu akan lebih sulit daripada yang dipikirkan, dan Anda mungkin tidak akan pernah mengambil lompatan yang besar dalam hidup. Usaha dan kerja keras mereka tersebut yang menghasilkan kesuksesan bagi mereka dan Anda tentunya jika meneladani kerja keras mereka.

Untuk ibu rumah tangga yang mengharuskan keseharian berada di rumah, bisnis katering rumahan bisa kamu coba. Alasan mengapa kamu perlu memulai bisnis katering rumahan yang pertama adalah karena modal yang relatif kecil dengan keuntungan besar. Dengan begitu, modal utama akan lebih cepat kembali dan keuntungannya bisa kamu gunakan untuk memperluas bisnis katering rumahanmu. Namun, mengapa memilih bisnis katering dan apa keuntungannya? Simak alasan mencoba bisnis katering rumahan berikut untukmu yang masih ragu memulai bisnis ini. Pembekalan merupakan rangkaian kegiatan atau tahapan pelaksanaan Program mahasiswa Wirausaha dan syarat untuk mendapatkan hibah modal usaha.

Selain serangkaian acara diatas, pada kesempatan yang sama sekolah memberikan modal usaha sebesar 500 ribu rupiah kepada 8 perwakilan dari setiap kelas 10 dan 11. Modal ini nantinya akan diolah se-kreatif mungkin oleh peserta didik untuk program Youth Entrepreneurship SMAN Sumatera Selatan. Sebelum menjalankan sebuah usaha, penting bagi kamu untuk mengetahui seberapa besar modal usaha yang kamu butuhkan. Buatlah anggaran biaya serta analisa ekonomi dari bisnis tersebut, dan siapkan segala modal yang dimaksudkan. Mulai dari peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, besarnya dana yang diperlukan, serta modal kemampuan yang perlu dikembangkan untuk mendukung kemajuan usahamu.

Oleh karena itu Anda perlu bekerja sama/kolaborasi dengan orang yang memiliki kemampuan yang Anda perlukan. Anda dapat menggunakan karyawan profesional sampai freelancer untuk meng-outsource skill yang diperlukan atau bahkan robot/program/aplikasi untuk membantu Anda. Selanjutnya ke pasar yakni turun melakukan magang, atau planning, dan tes pasar. Setalah itu membangun bisnis kecil, harus fokus, perencanaan, dan memulai usaha untuk masuk ke pasar.

Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Baik dari internal pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal. Ada proses yang harus dilalui dalam memulai dan membangun usaha. Sekolah yang dimaksud seluruh sekolah yang dari SD, Sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat baik berstatus sekolah Negeri maupun Swasta.

Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Meskipun modal sedikit namun jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal. Maka kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasilmaksimal. Ketika ide bisnis berasal dari hal-hal yang disukai seseorang, maka akan lebih fokus dan termotivasi untuk melakukan bisnis itu.

Karenanya, hilangkan rasa gengsimu untuk menjemput kesuksesan yang ada di depan mata. Hampir semua orang mengurungkan niatnya untuk memulai sebuah usaha karena mereka takut menghadapi resiko kegagalan. Yang mereka inginkan hanyalah cara instan untuk meraih kesuksesan tanpa modal usaha yang cukup besar. Keadaan inilah yang sering menurunkan motivasi para pemula, sehingga mereka memilih mundur teratur dan mengubur dalam-dalam keinginan mereka untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Itulah beberapa motivasi yang harus dimiliki seorang pengusaha agar usahanya bisa sukses.

MAUDESA merupakan program yang berkaitan dengan kewirausahaan yang dikhususkan bagi mahasiswa. “Sasaran dari MAUDESA ini, pertama, untuk membantu meningkatkan kemitraan PTS dengan suatu desa binaan melalui pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Kedua, memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dan motivasi berwirausaha. Ketiga, meningkatkan kinerja pelaku bisnis kecil, menengah, dan koperasi atau kelompok untuk menumbuhkan unit bisnis baru di pedesaan. Tahun 2015 saja sudah ada 22 kelompok yang kita bina, kami terus berharap program ini terus berjalan dan menjadi aktivitas lanjutan,“ ujarnya.