Menu Close

Pentingnya Pengembangan Diri

Hal yang lebih rumit adalah menjaga agar sikap empati ini tidak luntur. Walking in each other’s footwear adalah istilah yang disematkan untuk sikap empati. Ketika bisa memposisikan diri seperti orang lain, tentu seseorang tak akan bersikap semena-mena dan lebih rendah hati. [newline]Jangan malu untuk mengakui kelemahan diri karena inilah yang akan menjadi pendorong untuk Anda tumbuh dengan sesungguhnya. Yang perlu dilakukan adalah mengasah dan memperkuat kualitas tersebut. Namun tidak ada seorang pun yang menjadi pemimpin sejak mereka lahir.

Dalam hal ini, minat menjadi faktor penting yang berfungsi sebagai nurture yang akan membantu pengembangan bakat tersebut. Minat merupakan suatu pemusatan perhatian secara tidak sengaja yang terlahir dengan penuh kemauan, rasa ketertarikan, keinginan, dan kesenangan. Ciri umum minat ialah adanya perhatian yang besar, memiliki harapan yang tinggi, berorientasi pada keberhasilan, mempunyai kebangggaan, kesediaan untuk berusaha dan mempunyai pertimbangan yang positif. Minat dapat dikatakan sebagai dorongan kuat bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya.

Nasi goreng merupakan makanan yang hampir semua orang tahu dan pernah memakannya. Selain bahannya yang sangat sederhana, cara membuat nasi goreng juga tidak perlu kemampuan khusus. Berdasarkan penelitian yang pernah dikembangkan, pohon satu ini diyakini memiliki segudang manfaat untuk proses penyembuhan beberapa penyakit. Misalnya saja penyakit TBC, luka bernanah, wasir, disentri, hingga kolera.

Tentu saja saya tidak berharap akan menjadi Desi Anwar dalam dua atau tiga kali tampil dan hingga edisi terakhir pun sama sekali tidak mendekati kemampuan seorang host handal. Namun menyadari bahwa kita memiliki ruang untuk perbaikan dan fokus kepada kemajuan, ketimbang kesalahan-kesalahan, rasanya luar biasa menyenangkan. Anda akan dapat berbicara di depan umum dengan lebih baik jika kondisi psychological diri sedang tenang. Pelajari cara untuk menenangkan diri dengan berlatih pernapasan, yang gilirannya nanti akan membantu Anda mengurangi kepanikan atau demam panggung.

Dengan begitu, kamu bisa menghargai segala yang ada di dirimu. Jika kita merasa tidak nyaman diperlakukan dengan semena-mena dan tidak dihargai, begitupula orang lain. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk menghargai orang lain juga.

Waktu ibarat bumerang bagi diri kita sendiri jika kita tidak dapat memanfaatkan dan menggunakannya dengan baik maka kita yang akan dipermainkan olehnya, maka mulai saat ini gunakanlah waktu anda dengan sebaik mungkin. Bedanya orang sukses dengan orang yang kurang sukses yaitu cara mengatur waktu mereka, jadi hargailah waktu anda dengan sebaik mungkin. Menulis sebuah jurnal tidaklah mudah karena membutuhkan banyak pengetahuan agar tercipta sebuah jurnal. Jurnal harus ditulis dengan ilmiah dan kebenaran yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga seseorang yang menulis jurnal akan banyak belajar dan mencari informasi untuk menyelesaikan jurnal yang ditulisnya. Secara tidak sadar maka pengetahuan-pengetahuan akan banyak dipelajari untuk menyelesaikan jurnal yang sedang dikerjakan. Para tokoh jenius seperti Isaac newton, Einstein, Thomas jefferson serta tokoh jenius lainnya ternyata mereka mempunyai kebiasaan menulis jurnal atau buku.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Makanya, kamu butuh komitmen untuk mengetes apakah kesukaanmu hanya sebatas minat, atau bisa dianggap sebagai ardour. Berkumpul dengan orang-orang positif dalam komunitas tertentu, akan memberi semangat bagi Anda untuk terus berkembang. Anda akan menemukan banyak inspirasi dan motivasi dari para anggota komunitas.

Dalam proses untuk belajar dan bekerja, terkadang banyak orang dihadapkan masalah yang membawa kegagalan. Kegagalan dialami dalam proses pembelajaran adalah hal yang normal. Hampir semua orang yang ahli dibidang tertentu pun pernah gagal.

Namun setidaknya, ada delapan kemampuan pengembangan diri yang harus kamu pelajari untuk mendapatkan hidup lebih baik. Berhasil menjadi foto mannequin & peragawan, Indra Brugman mengembangkan potensi dirinya menjadi pemain sinetron. Potensi diri, bakat & kemampuannya ini ia menghasilkan uang dalam hidupnya. Untuk mengembangkan potensi diri, jangan ragu untuk mencoba hal baru. Sebab, bisa jadi hal baru tersebut justru menjadi potensi Anda yang paling besar.